Senin, 10 Juni 2013

Plus Minus Wisata Sendiri vs Paket Tour

PILIH SENDIRI ATAU PAKET TOUR ???

Apabila kita hendak bepergian, rencanakan perjalanan wisata Anda dengan baik agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Apalagi bila itu bepergian yang jauh dari tempat tinggal kita. Baik perjalanan wisata domestik maupun luar negeri. Apakah Anda mau travelling dengan membuat rencana perjalanan wisata sendiri atau meminta bantuan Tour And Travel? Mua terserah Anda. Agar acara tavelling Anda berjalan lancar dan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan, rancanglah program tersebut sebaik mungkin.
Ada beberpa plus minus yang kita dapatkan apabila kita bepergian dengan program kita sendiri atau ikut memlih paket tour yang telah disediakan dan diatur oleh agen travelling Anda. 

PLUS IKUT PAKET TOUR
1. Terencana
Hal yang paling menyenangkan ikut paket tour, Anda tak perlu membuang waktu melakukan survei atau merancang sendiri perjalanan Anda. Dengan memilih ikut paket tour, kita tak pelu lagi survei dalam merancang perjalanan wisata karena ini jauh lebih membutuhkan survei yang mendalam dan lengkap. Berbeda dengan mengikuti tour.
Dari mencari daftar hotel dan penginapan, harga yang terjangkau dengan kantong kita, harga tiket termurah bagi yang bepergian dengan menggunakan pesawat tebang, obyek wisata yang dikunjungi dan bahkan bila kita ke luar negeri pastilah membutuhkan guid atau pemandu lokal
Dengan ikut paket tour, kita tidak perlu susah-susah untuk itu karena kita tinggal membawa bekal yang cukup untuk shopping (yang tentu ini tidak ada dalam daftar paket tour) dan keperluan sendiri di luar paket tour.

2. Tak Jalan Sendiri
Bagi yang merasa tak nyaman bepergian sendiri, karena alasan keamanan atau kenyamanan selama di perjalanan, paket tour menjamin kita tak akan ke sana ke mari sendirian adalah pilihan yang tepat.
Akan slalu ada teman ngobrol, jalan-jalan, shopping bersama.
Dengan memilih paket tour, kita bisa mencari tahu tahu hal lain yang mungkin tak diberikan oleh program paket tour seperti bahasa lokal, informasi kuliner ataupun kebiasaan penduduk setempat.
3. Sesuaikan Anggaran
Dengan ikut paket tour akan memberikan keuntungan bagi kita yang buta dengan alokasi dana bepergian. Anda tentu menghitung-hitung berapa biaya yang dibutuhkan saat melancong. Karena dana adalah hal yang terpenting di dalam bepergian.
Dengan mengikuti paket tour, yang mungkin bisa dikatakan lebih mahal dari kita memilih berangkat sendiri, kita tinggal menyisihkan untuk keperluan shopping, oleh-oleh / souvenir, tip untuk pemandu dan lain-lain.
4. Survei Lebih Dulu
Kelebihan lain dari ikut paket tour, kita jadi punya tempat alternatif dan besar anggaran yang bisa dipilih. Kita mngkin tak perlu tahu, apakah ada harga yang lebih murah untuk bepergian keliling di luar kota / luar negeri.
Kita tak pernah tahu mana yang lebih murah, ke Eropa, Amerika atau Asia sepeti Singapore ? Dengan menghubungi pihak agen travelling akan membuat kita mendapatkan kesempatan memilih yang terbaik sesuai dengan harapan dan kemampuan.


MINUS MEMILIH PAKET TOUR
1. Harus Negosiasi
Banyak orang mengangap memilih perjalanan dengan paket tour akan banyak membuang dana dan tidak ekonomis. Karena dengan mengikuti paket tour biaya akan relatif lebih mahal daripada kita bepergian sendiri tanpa mengikuti suatu agen wisata.
Dengan memahami adanya pengambilan keuntungan oleh pihak lain atas rencana perjalanan wisata, membuat kita harus benar-benar bernegosiasi dengan pihak penyelenggara tour.
Lakukan proses negosiasi agar kita bisa mendapatkan tarif yang tidak telalu mahal.
2. Toleransi Tinggi
Mengikuti paket tour ini ada yang membuat kita kurang nyaman adalah toleransi yang lebih dan harus diberikan kepada orang lain, terkait dengan kegiatan kelompok / rombongan. Sebagai salah satu contoh, ketidaknyamanan ini adalah ketika kita harus menghadapi orang lain yang berbeda usia terpaut jauh. Seperti kelompok orang yang jalannya lamban, kelompok yang selalu berisik, kelompok anak-anak yang mesti sering diawasi karena bermain ke sana ke mari.
Belum lagi dengan obyek wisata yang dituju. Ada yang berlama-lama di dalam mall (biasanya terjadi pada ibu-ibu penggila shopping), ada yang lebih menikmati wisata alam (keompok anak-anak muda yang suka kebebasan dan tantangan seperti flying fox dan rafting), arena bermain anak-anak. Begitu pula toleransi saat di suatu obyek wisata ada yang masih sibuk dengan pengambilan potret, pengambilan foto bersama-sama , kendati sudah waktunya untuk beralih ke obyek wisata yang lain.
Atau bus / mobil tarvelling mau berangkat masih ada saja peserta yang belum kembali ke dalam kendaraan.
3. Eksplorasi Wisata Tak Maksimal
Merencanakan perjalanan tanpa program dari agen perjalanan wisata, lebih leluasa untuk bepergian ke tempat-tempat non turistik dan merasakan pengalaman live like local.
Bagi yang memimpikan perjalanan wisata sebagai kesempatan untuk mempelajari dan mengeksplorasi suatu budaya , paket tour bukanlah pilihan terbaik. Karena dengan memilih paket tour yang telah disediakan , kita mesti mengikuti jadwal perjalanan wisata yang sudah ditentukan oleh agen travel.
Kini, kita sudah tahu plus minus nya dalam memilih paket tour atau bepergian tanpa paket tour dari travel agency. Semua tergantung dari kita sendiri. Ada yang lebih senang mengikuti program paket tour yang telah disediakan oleh agen perjalanan wisata, ada pula yang tanpa mengikuti paket tour karena ingin yang lebih hemat biaya. Semua kembali pada kita semua.

by: "Sewa Mobil Solo"

Tidak ada komentar: